Sunday, February 16, 2014

Jurus-jurus Lulus SNMPTN dan SBMPTN

     Dalam rangka mengapresiasi SNMPTN dan SBMPTN tahun 2014. Berikut ini saya share jurus-jurus yang saya sudah terapkan pada waktu mengikuti UMPTN dan diterima di perguruan tinggi negeri yang saya inginkan :

1. Rumuskan tujuan, cita-cita, atau motivasi kamu masuk perguruan tinggi negeri.
2. Pilih jurusan yang kamu suka karena ini akan menjamin kelangsungan belajar di PT yang membutuhkan 100% kemandirian belajar dan bersosialisasi.
3. Perbanyak informasi dari teman, saudara, orang tua mengenai jurusan-jurasan yang akan membawa kita memiliki kans yang lebih besar untuk sukses di masa depan. Karena dari sini akan mematangkan  pertimbanganmu untuk memilih jurusan di PTN.
3. Kalkulasi Pertama. Perbanyak latihan harian untuk mengetahui passing grade-mu. Passing grade yang nantinya kamu cocokan dengan passing grade PTN yang menjadi incaranmu atau targetmu. Kira-kira kamu masuk di PTN mana dengan jurusan yang kamu sukai atau akan membawamu kemasa depan yang cerah.
4. Kalkulasi Kedua. Liat Quota PTN. Bersikap rasional. Usahakan pilihan pertama memiliki perbadingan daya tampung dan Peminat tahun sebelumnya paling besar daripada pilihan kedua, pilihan kedua lebih besar dari pilihan ketiga dst.
Misal yang pertama 1:20, yang kedua 1:10 dan yang ketiga 1:6. Jika kamu pandai mengukur maka kemungkinan besar kamu akan lolos (eh lulus denkz...) di antara jurusan yang sudah kamu pilih tadi.
5. Jangan ngotot inign masuk PTN favorite jika kemampuan kamu masih biasa saja atau merasa belum yakin tetapi ingin tetap memilih jurasan yang kamu sukai (atau yang akan memberi motivasi belajar lebih besar.). Misalnya,  pilhan pertama dijurusan yang kamu suka tetapi PTN Favorit dengan daya saing yang sanggup kamu hadapi berdasarkan kalkulasi nomor 3 dan 4. Pilihan kedua jurusan favorit di PT non favorite tetapi tetap kamu suka.

     Dengan menerapkan jurus diatas Alhamdulillah saya dapat lulus PTN tanpa ikut bimbel (apalagi ikut ya?? (agak narsis) dan kesulitan belajar karena mata min yang menyebabkan saya sulit menerima pelajaran di bangku SMA selama 3 tahun. Tapi saya setengah menyesal juga karena dengan latihan harian yang saya lakukan ternyata passing grade saya seharusnya dapat membawa saya ke PTN yang memiliki grade di atasnya. Tetapi tak apalh toh sudah berlalu karena saya senang dengan jurusan yang saya pilih. Dan berharap pada saat melanjutkan nanti bisa ke PTN Favorit saya atau ke PT LN (ngareps neh ;) ;) ).
Aminn ( Mana doanya ... :) )

Attention:
Perbanyak Latihan
Perbanyak Doa
Dan kembangkan lagi jurus-jurus di atas

No comments:

Post a Comment